Senin, 12 Desember 2011

Enjoy The Green Environment at The Heart of Jakarta


Menikmati hijaunya taman dan rimbunnya pepohonan di pusat kota Jakarta yang hiruk-pikuk, ternyata masih mungkin dilakukan. Thanks to The Sultan Hotel Jakarta, liburan “hijau” pun dapat terwujud.

            Terkadang, bagi saya yang seumur hidup tinggal di Ibu Kota, perasaan rindu akan suasana alam yang asri dan rimbunnya pepohonan, tidak bisa dihindari. Terutama ketika sudah lama saya tidak berlibur atau mengambil off dari pekerjaan. Buat saya, hijaunya pepohonan merupakan “obat” stres yang sangat ampuh.
            Biasanya, Bogor, Puncak, atau Bandung adalah destinasi “favorit” bila rasa rindu itu mulai mendera. Tetapi, kali ini sepertinya tiga tujuan tersebut tidak mungkin untuk disambangi. Alasannya klise saja, saya hanya punya waktu 2 hari 1 malam, kondisi tubuh yang sedang kurang fit untuk melakukan perjalanan yang lumayan jauh, dan bulan puasa.
            Di mana saya bisa menemukan sebuah tempat relaksasi untuk 2 hari 1 malam di Jakarta yang bisa mengakomodir keinginan saya tersebut? Selidik punya selidik, tahukah Anda kalau tahun 2010 lalu, The Sultan Hotel mendapatkan penghargaan sebagai “The Green Hotel”? Langsung tanpa pikir panjang, saya pun berkemas untuk melakukan perjalanan singkat menuju The Sultan Hotel yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.
dok internet: The Sultan Hotel Jakarta

            Dibuka pertama kali tahun 1976 dengan nama The Jakarta Hilton International Hotel, The Sultan adalah hotel terluas di Indonesia dan salah satu yang terluas di Asia Tenggara. Lokasinya yang strategis di pusat kota Jakarta, membuatnya menjadi hotel bisnis dan leisure bagi masyarakat Jakarta.
            Hanya berkendara 40 menit dari Jakarta Selatan, saya pun segera check in dan Junior Suite akan menjadi kamar saya di akhir pekan kali ini. Dengan luas 89 meter persegi, living room dan bed room terpisah dan masing-masing memiliki kamar mandi. Dilengkapi balkon di living room serta sebuah jendela besar di kamar yang manyajikan pemandangan ke Gelora Bung Karno yang rindang, sehingga sejauh mata memandang yang terlihat adalah pepohonan hijau nan rimbun dan area olahraga yang luas.    
dok.The Sultan Hotel Jakarta: Junior Suite

            Benar-benar tidak seperti berada di pusat Jakarta yang hiruk-pikuk. The Sultan Hotel memiliki area taman terluas di Jakarta, sehingga keriuhan suara kendaraan di sepanjang jalan Sudirman, Gatot Subroto, dan Senayan teredam oleh pepohonan. Walaupun Jakarta terkenal dengan tingkat polusinya yang tinggi, di area The Sultan, kita dapat menikmati udara yang segar.
            Waktu singkat yang saya miliki saya habiskan dengan bersantai. Karena kondisi tubuh yang kurang fit, hari pertama saya habiskan dengan bermalas-malasan di kamar. Menikmati segudang fasilitas yang dimiliki The Junior Suite, seperti furnitur bergaya modern etnik yang mewah, cable tv, akses internet, dan 24 jam room service. It’s really classy, luxurious, and comfortable.
Sebenarnya The Sultan Hotel adalah tempat ideal bagi mereka yang gemar berolahraga. Bayangkan saja, ada 12 lapangan tenis out door, lapangan basket, 4 lapangan squash, 500 meter jogging track, dan kolam renang, lengkap dengan chidreen pool-nya. Belum lagi ada Lifespa Fitness Centre yang siap memanjakan para tamu hotel dengan treatment-treatment andalannya dan peralatan gym yang lengkap.
dok. The Sultan Hotel Jakarta; Swimming Pool

Menjelang malam, saya menyempatkan diri mengelilingi area building The Sultan Hotel yang tak kalah luasnya dengan taman yang dimiliki. Tujuan utama, tentu saja mencari tempat untuk mengisi perut. Terdapat banyak pilihan bersantap di hotel berbintang lima ini. Taman Sari Restaurant, bila ingin santap malam ala fine dining; Nippon Kan pilihan para penggemar masakan otentik Jepang; Peacock Cafe dengan pilihan hidangan buffet yang lengkap; Confiserie menyajikan aneka pilihan pastry dan cake, serta Lagoon Cafe. Saya pun memutuskan untuk mencicipi hidangan buffet di Peacock Cafe malam itu.
dok internet: Peacock Cafe

Sayang memang, saya hanya menginap semalam di Junior Suite, The Sultan Hotel Jakarta. Namun, walaupun sebentar, kesempatan untuk dapat menikmati suasana alam yang asri dibungkus dengan kemewahan modern-etnik di hotel berbintang lima tersebut, sangatlah berharga. Mengusung pelayanan ala Keraton Jawa dengan taglineHospitality at its royal best”, rasakan pengalaman dan pelayanan ala Raja di The Sultan Hotel, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar